Mendesain Strategi Transformasi Digital Untuk Organisasi dan Individu
Kelas ini menjelaskan terkait cara-cara menerapkan strategi transformasi digital untuk organisasi maupun organisasi. Di kelas ini, akan dijelaskan konsep-konsep umum transformasi digital, bagaimana menumbuhkan digital mindset, mengukur digital maturity, studi kasus dari perusahaan yang berhasil menjalankan transformasi digital, dan praktik untuk menjalankan strategi transformasi digital.
About Course
Manajemen Tranformasi Digital untuk Individu dan Organisasi
Kelas ini menjelaskan terkait cara-cara menerapkan strategi transformasi digital untuk organisasi maupun organisasi. Di kelas ini, akan dijelaskan konsep-konsep umum transformasi digital, bagaimana menumbuhkan digital mindset, mengukur digital maturity, studi kasus dari perusahaan yang berhasil menjalankan transformasi digital, dan praktik untuk menjalankan strategi transformasi digital.
Manfaat Mengikuti Program
- Peserta akan mendapatkan pemahaman yang komprehensif terkait transformasi digital yang didapatkan dari literatur terkini
- Peserta akan memahami strategi untuk melakukan transformasi digital baik untuk skala organisasi maupun individu
- Peserta akan memahami bagaimana mengukur digital maturity
- Peserta akan memahami penerapan strategi transformasi digital untuk organisasi
Tujuan Pembelajaran
Tujuan Umum
Kelas ini bertujuan untuk memberikan pemahaman secara komprehensif kepada peserta terkait transformasi digital, pengukuran digital maturity, dan cara-cara menerapkan strategi transformasi digital.
Tujuan Khusus
- Menekankan pentingnya transformasi digital bagi karyawan di era digital
- Memberikan pemahaman menyeluruh dan strategi penerapan transformasi digital untuk organisasi dan individu
Profil Pengajar
Dr (Cand.) Uruqul Nadhif Dzakiy, M.T.
Uruqul adalah konsultan di bidang manajemen dan transformasi digital. Ia meraih gelar master dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan kini sedang menempuh gelar doktor. Uruqul memiliki pengalaman memimpin transformasi sistem informasi publik Institut Teknologi Bandung (ITB). Selain itu, ia juga adalah anggota tim konsultan ITB untuk Masyarakat Telematika Indonesia (MASTEL). Saat ini, Uruqul juga merupakan penasihat dari konsultan SDM bernama Edukarir Indonesia.
Sasaran Pembelajaran
Sasaran Kelompok Peserta
- Karyawan/manajer di BUMN/perusahaan swasta
- Karyawan/manajer di perusahaan start-up
- Individu yang akan memasuki dunia kerja
Aspek Kompetensi – Pengetahuan
- Memahami konsep transformasi digital (Pertemuan 1)
- Membangun digital mindset (Pertemuan 2)
- Mengetahui digital maturity level (Pertemuan 3)
- Studi kasus transformasi digital eFishery (Pertemuan 4)
Aspek Kompetensi – Keterampilan
- Mampu mengukur digital maturity dan menentukan strategi transformasi digital (Pertemuan 5)
Aspek Kompetensi – Sikap
- Memiliki sikap kritis dan cekatan dalam menerapkan digital maturity dan menentukan strategi transformasi digital (Pertemuan 5)
Alat yang Dibutuhkan
- Komputer/laptop/gawai lainnya untuk menonton video kelas dan mengerjakan kuis
Total Durasi
300 menitÂ
Metode Pembelajaran
Self-paced learning: Metode ajar yang digunakan adalah ceramah interaktif, studi kasus, dan bahan bacaan dengan penugasan praktik
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Silabus
Pre-Test
- Konsep Transformasi Digital (Pertemuan 1)
Durasi pembelajaran dan pemahaman 50 menit 35 detik
– Menjelaskan tentang definisi transformasi digital, urgensi tranformasi digital, sembilan elemen dari transformasi digital, tahapan dalam melakukan transformasi digital, dan strategi dalam menerapkan transformasi digital
– Pembahasan konsep transformasi digital
– Kuis 1 - Membangun Digital Mindset (Pertemuan 2)
Durasi pembelajaran dan pemahaman 20 menit 58 detik
– Menjelaskan tentang konsep terkait digital mindset, growth mindset vs fixed mindset, membangun budaya belajar yang kontinu, dan pengukuran digital mindset
– Membangun digital mindset
– Kuis 2 - Mengukur Digital Maturity Level (Pertemuan 3)
Durasi pembelajaran dan pemahaman 14 menit 38 detik
1. Menjelaskan terkait digital maturity, lima kunci dalam menjadikan perusahaan menjadi organisasi yang lebih dewasa secara digital, prinsip dalam membangun digital maturity, dan pengukuran digital maturity
– Mengukur digital maturity level
– Kuis 3 - Studi Kasus Transformasi Digital eFishery (Pertemuan 4)
Durasi pembelajaran dan pemahaman 50 menit 9 detik
Berisi studi kasus start-up eFishery dalam menerapkan strategi transformasi digital di perusahaannya
Pembahasan studi kasus transformasi digital eFishery
- Studi Kasus Transformasi Digital dalam Suply Chain Management (Pertemuan 5)
Durasi Pembelajaran dan pemahaman 60 menit
Berisi studi kasus suply chain dalam menerapkan strategi transformasi digital perusahaannya
- Studi Kasus Transformasi Digital berupa Virtual Reality and Augmented Reality (Pertemuan 6)
Durasi pembelajaran dan pemahaman 120 menit
Berisi studi kasus VR/AR dalam menerapkan strategi transformasi digital perusahaannya
Post-Test
Course Content
Pre- Test
-
Pre- Test
Bab 1 – Pengantar Transformasi Digital
Bab 2 – Membangun Digital Mindset
Bab 3 – Tingkat Kesiapan Digital (Digital Maturity Level)
Bab 4 – Transformasi Digital di sebuah Perusahaan: Studi Kasus eFishery
Bab 5 – Studi Kasus Transformasi Digital dalam Suply Chain Management
Bab 6 – Studi Kasus Transformasi Digital berupa Virtual Reality and Augmented Reality
Post- Test
Student Ratings & Reviews
Want to receive push notifications for all major on-site activities?