0(0)

Belajar Pemasaran Produk untuk Jadi Penjual dari Pintu ke Pintu dan Melalui Contact Center

Keterampilan memasarkan dan menjual produk atau yang disebut sebagai penjual dari pintu ke pintu alias sales telah menjadi kunci keberhasilan bisnis sejak dahulu kala. Dengan berkembangnya zaman, kegiatan sales mulai merambah masuk dalam dunia virtual hingga kemampuan untuk melakukan penjualan melalui contact center atau telesales juga menjadi tidak kalah pentingnya. Dalam kelas daring ini, Anda kini bisa belajar agar bisa memiliki keterampilan untuk langsung kerja menjadi seorang sales maupun telesales mandiri.

Instructor Leonard Haryadi
Updated 16 Februari 2023

About Course

Belajar Memasarkan Produk untuk Jadi Penjual dari Pintu ke Pintu dan Melalui Contact Center 

 

Keterampilan memasarkan dan menjual produk atau yang disebut sebagai penjual dari pintu ke pintu alias sales telah menjadi kunci keberhasilan bisnis sejak dahulu kala. Dengan berkembangnya zaman, kegiatan sales mulai merambah masuk dalam dunia virtual hingga kemampuan untuk melakukan penjualan melalui contact center atau telesales juga menjadi tidak kalah pentingnya. Dalam kelas daring ini, Anda kini bisa belajar agar bisa memiliki keterampilan untuk langsung kerja menjadi seorang sales maupun telesales mandiri.

 

Manfaat Mengikuti Program

  1. Memahami dasar-dasar keterampilan penjualan dari pintu ke pintu dan penjual melalui contact center
  2. Menerapkan keterampilan penjualan dari pintu ke pintu dan penjual melalui contact center dalam dunia kerja
  3. Membangun karakter dan persona seorang penjual dari pintu ke pintu dan penjual melalui contact center
  4. Mengetahui langkah-langkah mencari lowongan kerja sesuai dengan keterampilan penjualan dari pintu ke pintu dan penjual melalui contact center
  5. Merancang dan mengelola bisnis mandiri

 

Tujuan Pembelajaran

Tujuan Umum

Peserta belajar untuk dapat memahami, mengenali, dan menerapkan konsep strategis dan praktis pemasaran yang digunakan sebagai landasan dalam melakukan aktivitas penjualan, baik secara tradisional maupun daring (SKKNI Nomor 389 Tahun 2013 – Pemasaran)

 

Tujuan Khusus Pelatihan:

  • Membangun karakter dan persona seorang penjual dari pintu ke pintu dan penjual melalui contact center yang profesional
  • Mengenal keterampilan penjual dari pintu ke pintu dan penjual melalui contact center dalam dunia kerja
  • Mampu menerapkan keterampilan penjualan dari pintu ke pintu dan penjual melalui contact center dalam dunia kerja
  • Memasarkan dan mempromosikan produk
  • Melakukan effective listening dalam memahami kebutuhan pelanggan
  • Membantu peserta dalam melatih gestur-gestur yang tepat saat melakukan penjualan baik daring maupun luring
  • Memahami cara-cara mendapatkan pekerjaan di bidang penjualan dari pintu ke pintu dan penjualan melalui contact center
  • Memahami cara-cara membangun bisnis mandiri dengan keterampilan penjualan dari pintu ke pintu dan penjualan melalui contact center

    Instruktur
    Leonard Haryadi Leonard Haryadi merupakan seorang yang berpengalaman di bidang sales dan menciptakan komunikasi yang baik dengan pelanggan. Leonard tidak hanya berpengalaman memberikan latihan dasar kepemimpinan dan komunikasi di berbagai perguruan tinggi dan yayasan, tetapi juga telah dipercaya dalam memberikan seminar-seminar dan pelatihan untuk korporat. Bersama dengan Leonard dan Langsung Kerja, Sobat Kerja akan diajak untuk mengupas tuntas strategi-strategis praktis dan jitu agar bisa langsung kerja sebagai seorang penjual dari pintu ke pintu dan melalui contact center!
    Sertifikat

Dapatkan sertifikat setelah menyelesaikan materi

  • Materi Praktis, Lengkap, dan Relevan

Dapatkan materi yang dapat langsung digunakan di dunia kerja

  • Sesi Konsultasi dengan Ahli

Mengasah keterampilan langsung bersama ahlinya

  • Bahasa Indonesia 

Dilengkapi dengan teks bahasa Indonesia di dalam video

  • Jadwal Belajar Fleksibel

Belajar kini menjadi jauh lebih mudah dengan jadwal yang fleksibel

  • Pelatih Terbaik

Belajar langsung dengan para praktisi di bidangnya

  • Kuis Modul

Jawab kuis dalam modul untuk menantang pemahamanmu

 

Sasaran Pembelajaran

Sasaran Kelompok Peserta

Peserta Prakerja:

  1. Memiliki gawai (HP atau laptop)
  2. Memiliki akses internet yang stabil
  3. Memiliki aplikasi Zoom
  4. Memiliki minat dan ketertarikan dalam bidang penjualan
  5. Memiliki tingkat pendidikan terakhir minimal SD dan sederajat

 

Sasaran Kompetensi Kerja

M.702090.001.01 Mengidentifikasi elemen pemasaran perusahaan

M.702090.002.01 Melaksanakan komunikasi efektif

M.702090.004.01 Melaksanakan pendekatan kepada calon pelanggan potensial

M.702090.005.01 Melaksanakan keterampilan penjualan

M.702090.006.01 Menyusun rencana aktivitas penjualan

M.702090.008.01 Menangani keluhan pelanggan

M.702090.012.01 Melakukan analisis lingkungan bisnis

M.702090.013.01 Menyusun elemen pemasaran perusahaan

M.702090.014.01 Menyusun rencana penjualan (sales plan)

M.702090.026.01 Menyusun strategi portofolio produk/merk

M.702090.027.01 Mengevaluasi merek sebagai suatu aset yang berharga dan mampu mengukur profitabilitas merek

 

Aspek Kompetensi – Pengetahuan

  1. Konsep dasar pemasaran (Bab 1, 2, dan 10)
  2. Konsep komunikasi bisnis (Bab 3 dan 9)
  3. Konsep personal selling (Bab 10 dan 11)
  4. Konsep keterampilan penjualan (selling skill) (Bab 6 dan 8)
  5. Konsep perencanaan penjualan (sales planning) (Bab 6, 7, dan 8)
  6. Konsep layanan prima (service excellence) (Bab 5 dan 9)
  7. Konsep pemetaan titik sentuh pelanggan (customer touch point) (Bab 3, 4, dan 5)
  8. Konsep komunikasi merek (Bab 2, 3, dan 7)
  9. Konsep perilaku konsumen (Bab 5 dan 9)
  10. Konsep pengembangan produk (Bab 12)

Aspek Kompetensi – Keterampilan

  1. Komunikasi antar individu atau kelompok (Bab 3, 5, dan 9)
  2. Mengidentifikasi kebutuhan pelanggan (Bab 3, 4, dan 5)
  3. Mengumpulkan informasi (Bab 5 dan 8)
  4. Effective listening (Bab 9 dan 10)

Aspek Kompetensi – Sikap

  1. Teliti dalam menganalisis detail lingkungan usaha (Bab 5 dan 12)
  2. Tekun dalam menganalisis metode komunikasi merek (Bab 3 dan 8)
  3. Kreatif dan inovatif (Bab 7 dan 8)
  4. Perhatian pada kebutuhan pelanggan (Bab 5 dan 9)
  5. Perhatian pada detail elemen-elemen keterampilan menjual (Bab 2, 3, dan 4)
  6. Perhatian pada detail elemen-elemen pembentuk rencana penjualan (Bab 6, 7, dan 8)
  7. Perhatian yang detail dalam mendengarkan keluhan pelanggan (Bab 9)
  8. Perhatian pada detail komunikasi merek agar dapat menciptakan komunikasi terintegrasi (Bab 3 dan 8)
  9. Cekatan dalam melakukan adaptasi dengan gaya komunikasi tiap pembeli (Bab 5 dan 9)
  10. Cekatan dalam mempelajari perkembangan variasi bauran komunikasi pemasaran dan mengintegrasikan dengan rencana komunikasi merek sesuai kapasitas (Bab 3 dan 10)
  11. Berinisiatif dalam membina hubungan dengan konsumen sebagai bentuk sikap peduli terhadap kebutuhan konsumen (Bab 3, 5, dan 9)

Alat yang Dibutuhkan

  1. Perangkat untuk mengakses video belajar
  2. Kuota internet
  3. Aplikasi perancangan presentasi

 

Silabus

14 Topik | 67 Materi | 15,5 Jam

1. Mengenal Bidang Sales

 1. Mengenal Teknik Penjualan

2. Memahami Produk

2.1 Hal Dasar dalam Mengenal Produk

2.2 Cara Memahami Produk

3. Komunikasi Dasar dalam Penjualan

3.1 Forming

      3.2 Sending

       3.3 Receiving

       3.4 Interpreting

        3.5 Storing

4. Sales Framework: Seven-Step Selling Cycle

     4.1 Prospecting

     4.2 Original Contact

     4.3 Presentation

     4.5 Addressing Concerns

     4.6 Closing the Sales

     4.7 Getting Referrals

5.  Mengenali Pelanggan

      5.1 Memahami Klien Luar Dalam

      5.2 Tipe Pelanggan

      5.3 Review Materi

6. Merencanakan Penjualan

      6.1 Tahap Perencanaan Penjualan

       6.2 Materi Kajian

7. Membuat Presentasi Penjualan

      7.1 Aplikasi Presentasi

       7.2 Perkenalan Alat Presentasi

       7.3 Presentasi Pitch

       7.4 Presentasi Pitch Menyusun

        7.5 Memperkaya Presentasi Pitch

        7.6 Materi Tinjauan

         7.8 Praktikum (Uji Praktik 1)

8. Keterampilan Presentasi Produk

       8.1 Hal yang Harus Diperhatikan

       8.2 Materi Tinjauan

       8.3 Praktikum (Uji Praktik 2)

9.Mengatasi Penolakan

      9.1 Tipe & Penyebab Penolakan

       9.2 Mengatasi Penolakan dengan Metode LAER

       9.3 Cara Menanggapi Penolakan

       9.4 Materi Tinjauan

10.Pengenalan Telesales

        10.1 Pengertian

        10.2 Jenis-Jenis

        10.3 Tahapan Telesales:

        10.4 Kepribadian Suara

        10.5 Tindak lanjut

        11.6 Tinjauan

11. Mencari Lowongan Pekerjaan Tenaga Penjual dari Pintu ke Pintu dan Melalui

        11.1 Mengenal Platform

        11.2 Mempersiapkan CV & Resume

        11.3 Langkah-Langkah Mencari Lowongan Kerja di Platform

        11.5 Praktikum (Uji Praktik 3) 

12. Cara Memulai Bisnis

         12.1 Langkah Memulai Bisnis

         12.2 Menghitung Modal

        12.3 Cara Menghitung Modal Usaha Balik

        12.4 Cara Menghitung Modal Usaha

        12.5 Titik Impas Perhitungan

        12.6 Tinjauan Materi

13. Bahan Akhir

        15.1 Kuis Akhir

Show More

Course Content

Pre Test

  • Pre-Test

Sesi 1: Kenapa Harus Jadi Penjual dari Pintu ke Pintu?

Sesi 2: Mengenal Cara Menjual dan Kebutuhan Pelanggan

Sesi 3: Meraup Keuntungan dengan Perencanaan Penjualan

Sesi 4: Atasi Penolakan Pelanggan & Belajar Jadi Penjual Masa Kini

Sesi 5: Mencari Lowongan dan Peluang Usaha Penjual dari Pintu ke Pintu dan Melalui Contact Center

Post Test

Upload File Unjuk Keterampilan

Sertifikat

Student Ratings & Reviews

No Review Yet
No Review Yet

Want to receive push notifications for all major on-site activities?